Rabu, 29 Februari 2012

Optimasi SEO Pada URL Blog

Optimasi SEO Pada URL Blog – Kali ini Saya akan coba sharing  tentang Optimasi SEO Pada URL Blog sehingga URL Blog kita nantinya lebih SEO dimata Search Engine yang kita targetkan. Hal ini tidak bisa dianggap enteng bila ingin blog kita mempunyai nilai plus dimata Search Engine seperti Google, Yahoo dan Bing. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan seputar pemilihan URL blog ini, antara lain :

-          URL Blog Mengandung Keyword yang Kita Targetkan
Hal ini pernah diulas oleh Kang Rohman, Admin Kolom Tutorial. Kenapa harus mengandung keyword yang kita targetkan? Hal ini tidak lain karena kita menginginkan URL Blog kita bisa lebih teroptimasi sehingga ramah akan SE. caranya gampang kok, sobat cuma perlu memfokuskan topik yang sobat bahas nantinya kemudian cari nama URL yang sesuai dengan topik tersebut. Contohnya blog ini membahas tentang SEO, maka Saya menggabungkan kata SEO pada URL Blog Ini Sehingga jadilah http://www.seotutorplus.blogspot.com
 
-          URL Blog Tidak Hanya Sekadar Bayang-Bayang
URL blog kita nanti tidak hanya menjadi bayang-bayang dari URL blog yang sudah terkenal sehingga pada saat pencarian URL blog kita di SE, Blog kita bisa menjadi yang paling atas diantara blog-blog yang mempunyai URL yang sama tetapi domain berbeda. Contoh Kang Rohman mempunyai blog dengan URL http://www.kolom-tutorial.blogspot.com , blog ini sudah sangat terkenal di search engine, lalu sobat membuat blog dengan URL yang sama tetapi domain berbeda dengan URL http://www.kolom-tutorial.com lalu ketika seseorang mengetik keyword kolom-tutorial maka blog yang pertama muncul adalah blog kang rohman bukannya blog sobat padahal blog sobat memakai domain berbayar. Hal ini terjadi karena URL blog sobat hanya bayang-bayang dari blog yang sudah terkenal. Sedapat mungkin hindarilah karena akan mengurangi visitor yang datang dengan mengetikkan  keyword URL Blog yang kita gunakan.

-          Lihat Peluang URL Blog Kita di Search Engine
Sebelum membuat blog, ada baik nya kita mengetahui tingkat persaingan dari URL yang akan kita gunakan, hal ini bisa menjadi tolak ukur besar kecilnya peluang kita menjadi nomor 1 di Search Engine dengan keyword URL yang akan kita gunakan nantinya. Misalnya waktu Saya membuat blog ini, terlebih dahulu Saya mengetikkan kata seotutorplus di Google, lalu apa hasilnya? Kata yang Saya ketikkan barusan tidak ada yang benar-benar sesuai dengan dokumen dalam databasenya google, itu artinya tingkat persaingan nya rendah. Dan blog ini mempunyai peluang besar menjadi nomor 1 di Google dengan keyword tersebut. Dan itulah yang Saya harapkan. 

Sekian dulu artikel Saya dengan judul Optimasi SEO Pada URL Blog. Hal diatas hanya pandangan dan pengalaman pribadi Saya semata. Bila ada yang tidak setuju atau mempunyai pandangan yang berbeda, silahkan meninggalkan komentar. Blog ini bersifat diskusi terbuka kok. Jadi tidak ada masalah bila kita berbeda pendapat karena kita semua masih dalam tahap pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar