Minggu, 01 April 2012

Menanam Backlink Yang Efektif

Menanam Backlink Yang Efektif – Setelah sebelumnya saya menulis artikel Optimasi SEO Pada Template Blog. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara meletak kan backlink agar lebih efektif mendongkrak posisi blog kita di SERP. Adapun masalah yang akan saya angkat adalah masalah kemana sebaiknya backlink tersebut diarahkan? Ada dua pilihan yang sering dilakukan oleh blogger yang sedang melakukan optimasi terhadap blog mereka saat menanam backlink, yaitu :
-          Mengarahkan backlink menuju halaman utama (homepage)
-          Mengarahkan backlink menuju halaman postingan.
Dari kedua cara tersebut mana yang lebih efektif? Menurut saya pribadi yang masih dalam tahap belajar SEO ini. Khusus bagi blog baru, sebaiknya menanam backlink menuju halaman utama terlebih dahulu. Jika diibaratkan blog baru tersebut adalah rumah yang sedang dibangun, tentu kita harus memperkuatkan pondasinya terlebih dahulu. Pondasi disini adalah halaman utama dari blog tersebut. Bila halaman utama sudah memiliki backlink yang cukup, maka postingan kita juga akan semakin cepat diindex oleh google. Umur blog yang masing baru itu berkisar antara 0 s/d 3 bulan. Setelah blog berusia 3 bulan lebih, biasanya blog itu sudah lumayan stabil. Cara paling efektif mencari backlink untuk diarahkan kehalaman utama blog kita adalah bertukar link dengan blog-blog tetangga sebelah. Jadi sobat mesti rajin-rajin blogwalking dan meninggalkan komentar diblog mereka. Lebih baik lagi kalau sobat berkomentar di blog Dofollow. Selain dapat backlink dari bertukar link dengan blog tersebut, sobat juga akan dapat backlink dari komentar yang sobat tinggalkan disana, asalkan komentar yang sobat tinggalkan itu tidak SPAM, hehehe.
Sedangkan untuk blog yang sudah memiliki cukup umur, sebaiknya mengarahkan backlink tersebut menuju halaman posting. Alasannya, blog yang sudah memiliki cukup umur biasanya sudah cukup stabil waktu yang dibutuhkan oleh robot mesin pencari untuk mengindex halaman posting. Namun, walau cukup cepat halaman posting tersebut di index bukan berarti posisi blognya di SERP akan bagus juga. Disinilah pentingnya mengarahkan backlink menuju halaman posting. Blog yang sudah memiliki cukup umur itu berkisar dari 3 bulan s/d seterusnya. Cara paling efektif mencari backlink untuk diarahkan ke halaman posting blog kita adalah submit artikel blog tersebut ke blog direktori. Lebih baik lagi kalau sobat punya banyak blog dummy yang mempunyai pagerank tinggi. Artikel yang ingin sobat naiknya posisinya di SERP tinggal disimpan di sidebar blog dummy sobat tersebut, tidak lama kemudian posisinya akan melesat naik kehalaman utama SERP. Enakkan?
Sekian dulu artikel SEO dengan judul Menanam Backlink Yang Efektif ini. Jika sobat punya pendapat yang lain, sobat bisa berbagi melalui kotak komentar. Jangan takut untuk berbeda pendapat karena perbedaan pendapat sangat saya hargai.^_^
SALAM SEO INDONESIA

1 komentar: