Senin, 27 Februari 2012

Cara Menghapus Halaman Posting dari SERP

Cara Menghapus Halaman Posting dari SERP – Saat kita menghapus sebuah postingan, tanpa kita sadari postingan tersebut sebenarnya masih terindex oleh Google. Dalam jangka pendek, postingan tersebut masih efektif mendatangkan pengunjung. Tetapi dalam jangka panjang bisa berakibat fatal untuk blog kita secara keseluruhan. Kenapa bisa begitu? Hal ini tidak lain karena postingan yang masih diindex oleh Google tanpa ada sumbernya tersebut mengakibatkan kerusakan tautan (Broken Link). Broken Link sangat dibenci oleh mesin pencari termasuk Google karena bisa menghambat pekerjaan robot saat menjelajahi blog kita. Sama halnya ketika kita akan pergi kesebuah tempat tetapi jalan yang akan kita lewati rusak (terputus), tentu kita kesal dan tak jarang patah balik, ujung-ujungnya kita tidak jadi pergi ketempat tersebut. Begitulah kira-kira perumpamaannya. Untuk itulah, kita harus memperbaiki tautan yang rusak tersebut, caranya kita tentu harus menghapus sampai kesumber-sumbernya yakni tempat dimana artikel itu pertama kali diindex. Caranya lebih kurang sebagai berikut :
  1.  Tentukan halaman yang akan dihapus, misalnya kita mempunyai halaman http://seotutorplus.blogspot.com/2012/02/tentang-seo-tutor-plus.html
  2.  Buka WebMaster Tools Google. Bila belum memiliki akun Google, silahkan buat terlebih dulu.
  3.  Setelah masuk ke dashboard tambahkan website Sobat dengan klik “Add a site” sampai verifikasi selesai. Bila sebelumnya website Sobat sudah masuk di WebMaster Tools, silahkan abaikan langkah ini.
  4.  Klik nama blog, sehingga muncul tampilan dashboard untuk blog sobat.
  5.  Pada bagian Site Configuration, klik Crawler access. Maka disebelah kanan akan tampak link Test robots.txt, Generate robots.txt dan Remove URL. Klik pada bagian Remove URL.
  6. Klik New Removal Request.
  7. Pilih opsi nomor satu lalu klik Next.
  8. Isi dengan halaman yg ingin kita hapus. kemudian klik Submit Removal Request
  9. Tunggu beberapa hari dan halaman blog sobat akan hilang dari Google Index.
Sekian dulu postingan saya dengan judul Cara Menghapus Halaman Posting dari SERP. Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah postingan ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

3 komentar: